Rabu, 15 Februari 2012

BEASISWA MASTER DAN Ph.D NTUST

Beasiswa National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)

National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) atau juga dikenal dengan nama Taiwan Tech adalah salah satu universitas di Taiwan yang paling progresif membuka peluang bagi calon mahasiswa di seluruh dunia untuk kuliah program sarjana, master dan doktor. Sejak tahun 2003, universitas ini masuk 10 top Asia’s universities versi Asia Week maupun versi THES-QS di bidang teknologi. Sesuai dengan namanya universitas ini lebih memfokuskan pada bidang science dan technology.
Seperti dilansir oleh http://www.topuniversities.com/institution/national-taiwan-university-science-and-technology-formerly-national-taiwan-inst (QS World University Rankings), berikut adalah peringkat NTUST (Taiwan Tech) di dunia pada tahun 2011 menurut masing-masing fakultas :
Social Sciences & Management : -
Natural Sciences : 323
Life Sciences & Medicine : 328
Engineering & Technology : 149
Arts & Humanities : -

Ranking spesifik per jurusan juga bisa dilihat di http://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2012/subject-rankings/technology/chemical-engineering?page=4-

Untuk jurusan Chemical Engineering NTUST, berada di ranking 114 dunia.
Bidang-bidang ilmu yang ditawarkan untuk program master dan Ph.D di NTUST adalah sebagai berikut:

1. College of Engineering: Chemical Engineering, Automation and Control, Materials Science & Technology, Mechanical Engineering, Construction Engineering
2. College of Electrical & Computer Engineering: Computer & Communication Network Program, Electrical Engineering, Electronic Engineering, Computer Science & Information Engineering (hanya doctorate).
3. College of Management: Industrial Management, Bussiness Administration, Information Management (hanya doctorate), Finance, NTUST MBA Program.
4. College of Design : Department of Industrial and Commercial Design, Department of Architecture
5. College of Liberal Arts & School Science: Applied Foreign Languange, digital learning education(hanya master).

Beasiswa NTUST bukan berasal dari pemerintah Taiwan dan mencakup: Tuition waiver (pembebasan biaya kuliah) dan monthly stipend
Ada 3 jenis NTUST Scholarship yang diberikan kepada international students:
1. Full Scholarship : mencakup Tuition waiver dan juga monthly stipend (Monthly Stipend Master tahun pertama: Full NTD10,000/month, tahun kedua 8,000/month, Ph.D: full NTD15,000/month untuk tahun pertama sampai tahun ketiga)
2. Partial Scholarship : mencakup Tuition waiver dan juga monthly stipend Monthly Stipend Master tahun pertama: Partial NTD6,000/month, tahun kedua 6,000/month, Ph.D: Partial NTD8,000/month untuk tahun pertama sampai tahun ketiga)
3. Tuition Waiver saja
Beberapa mahasiswa internasional tidak mendapat beasiswa, dan harus membayar tuition fees yang besarnya sekitar NTD 60,000 / semester.
Pada tahun kedua, jumlah beasiswa mengalami penyesuaian : master: Full berkurang menjadi NTD8,000/month dan tuition waiver, Partial tetap 6,000/month dan tuition waiver dan 2000 NT tergantung kebijakan profesor masing-masing. Semua mahasiswa, baik full monthly stipend scholarship, partial bahkan tuition waiver scholarship mungkin diberi 2000 NT/bulan dari profesor. Untuk Ph.D, beasiswa tahun kedua tetap.
Untuk Ph.D, selisih beasiswa Full Scholarship dan Partial cukup jauh, berbeda dengan master. Untuk jurusan engineering, mahasiswa akan belajar di laboratorium. Beberapa laboratorium yang dikelola oleh Professor memberi beasiswa tambahan yang bervariasi antara NTD2000 – NTD5000/month, dengan status sebagai research assistant (RA) atau teaching assistant (TA, bergantung pada laboratorium masing-masing.


1. Calon mahasiswa tidak kewarganegaraan Taiwan, Chinese Overseas, Hongkong, Macau, dan RRC.
2. Calon mahasiswa tidak pernah dikeluarkan dari universitas di Taiwan sebelumnya.
3. Melengkapi dokumen-dokumen berikut: Application Form, 1 Copy ijazah S-1 dan atau S-1 dan S-2 , 1 Copy Traksrip S-1 dan atau S-2 (bagi yang mendaftar Doctorate melampirkan copy ijazah dan transkrip S-1 & S-2), Surat Pernyataan Kesanggupan Pembiayaan Studi (Financial Statement). Semua dokumen diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dilegalisir di Kantor Dagang & Ekonomi Taipei (TETO) di Jakarta. Namun untuk pendaftaran, dokumen yang dilegalisir oleh pihak universitas di Indonesia masih diperbolehkan. Apabila diterima dan bersedia untuk studi di NTUST, maka semua dokumen mesti dilegalisir di TETO.
4. Surat rekomendasi dari dua orang Dosen Pembimbing S-1/S2, atau Rektor dll yang mengetahui persis kemampuan calon mahasiswa dan masih relevant.
5. Surat keterangan kesehatan paling lama 6 bulan terakhir dari rumah sakit (dalam bahasa Inggris dapat dikirimkan setelah diterima). Pemeriksaan kesehatan meliputi: Chest X-Ray (TBC), Serological test for HIV, Stool Examination for Parasites, Serological test for Syphilis
6. Rencana studi (study plan) dalam bahasa Inggris (ini hal penting, kemukakan latar belakang, motivasi studi di NTUST, rencana penelitian, manfaat penelitian bagi Taiwan dan Indonesia, tujuan penelitian, dan pengalaman penelitian)
7. Pendaftaran dapat dilakukan secara online: http://140.118.99.87/FA_FrontEnd/Default.aspx
8. Batas akhir waktu pendaftaran adalah setiap 30 November untuk masuk spring semester dan 31 Maret untuk masuk fall semester setiap tahunnya.
9. Guidlines untuk aplikasi dapat di-download melalui link berikut: http://www.admission-e.ntust.edu.tw/front/bin/ptlist.phtml?Category=3

Walapun tidak disyaratkan secara tertulis, IPK sebaiknya > 3.50 (dari skala 4.00) dan TOEFL score > 550, karena calon mahasiswa mesti bersaing untuk memperoleh beasiswa.

Yang perlu diperhatikan pada saat mendaftar beasiswa ini adalahSemester Pendaftaran dan Pemilihan Jurusan. Standar IPK tiap Departement/Jurusan berbeda-beda.

Secara umum, Fall Semester menyediakan 70% kuota beasiswa dan Spring Semester kuota beasiswa hanya 30%. Banyak mahasiswa apply beasiswa di semester fall dan jika diterima mereka tunda ke semester spring (Deferred Student). Reputasi dari kampus juga diperhitungkan, mahasiswa yang berasal dari kampus yang kompetitif, seperti UI, UGM, ITB, ITS, Undip meski mempunyai IPK lebih rendah, mempunyai peluang lebih besar daripada mahasiswa lulusan Perguruan Tinggi Swasta (Beasiswa ini hanya berlaku selama 1 tahun, untuk tahun kedua akan dievaluasi).

Berdasar pengalaman pribadi, kans untuk mendapat beasiswa tergantung dari tingkat persaingan jurusan dilihat dari kualitas dan kuantitas pendaftar, menurut pengalaman dan pengamatan penulis sebagai berikut:
1. College of Engineering: Chemical Engineering, Automation and Control, Materials Science & Technology, Mechanical Engineering, Construction Engineering
SANGAT KETAT
2. College of Electrical & Computer Engineering: Computer & Communication Network Program, Electrical Engineering, Electronic Engineering, Computer Science & Information Engineering (hanya doctorate).
SANGAT KETAT
3. College of Management: Industrial Management, Bussiness Administration, Information Management (hanya doctorate), Finance, NTUST MBA Program.
KETAT
4. College of Design : Department of Industrial and Commercial Design, Department of Architecture
KETAT
5. College of Liberal Arts & School Science: Applied Foreign Languange (hanya master), digital learning education(hanya master). Dan lain-lain
KETAT

Di departemen yang persaingannya ketat, ipk di atas 3.50 tidak ada jaminan mendapat full monthly stipend scholarship pada tahun pertama. Penulis sendiri bersama beberapa teman sempat mengalami hal ini. Meskipun berasal dari universitas ternama dan mempunyai IPK baik awalnya hanya mendapat 6000 NTD monthly stipend scholarship + tuition waiver (pembebasan biaya kuliah), dikarenakan dana beasiswa untuk jurusan Chemical Engineering di Spring 2012 terbatas, tidak ada yang diberi full scholarship (10000 NTD) . Menimbang fakta di atas, Department Chemical Engineering merevisi nominal beasiswa dengan memberi tambahan beasiswa 2000 NT/bulan khusus pada penerima partial (6000 NTD) scholarship di Spring 2012, dan advisor (Profesor) memberi beasiswa tambahan sebesar 4000 NT.


Beberapa teman mendapat beasiswa full pada tahun pertama karena memilih jurusan yang kurang ketat atau mendaftar di semester yang banyak kuota beasiswanya (Fall). Jadi gunakan strategi anda untuk mendapat hasil terbaik.
Jika aplikasi tidak dilakukan secara online (disarankan untuk aplikasi online), formulir aplikasi dan dokumen-dokumen dikirimkan melalui surat ke alamat berikut:

<>
National Taiwan University of Science and Technology
No. 43 Sec. 4 Keelung Road, Taipei. Taiwan. 106

Jika mendapatkan beasiswa, mahasiswa mesti harus mengeluarkan biaya per semester untuk pembayaran asrama (dormitory) NTD6000~6200 dan health inssurance NTD4800. Biaya makan sehari-hari biasanya NTD100-150/hari dan sangat bergantung pada kebiasaan masing-masing. Rata-rata biaya hidup per bulan bagi mahasiswa single (belum menikah dan tidak mempunyai tanggungan hidup) adalah NTD5000-8000.

Deadline untuk fall semester 2012, pada tanggal 31 Maret 2012. Dan deadline untuk Spring 2013 sampai 30 Oktober 2012. Segera Daftarkan diri anda.
Selamat mendaftar teman-teman, semoga berhasil. Untuk informasi, dibuka situs http://www-e.ntust.edu.tw/front/bin/home.phtml

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa kontak saya melalui email yang ada di laman bawah. Salam Indonesia Jaya,

Ricko Septian Wijaya
Spring 2012 NTUST Master Student
Department of Chemical Engineering
Faculty of Engineering
Gadjah Mada University, Indonesia
National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan

44 komentar:

  1. Salam Mas Ricko, wah luar biasa blognya
    Mau tanya nih, bagaimana dengan kehidupan di sana? Apakah kita orang Indonesia bisa mengikuti kebudayaan di sana?
    Lalu bagaimana dengan biaya hidupnya? seperti makanan dan kebutuhan sehari-hari.

    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, keren bgt blog nya
      berarti tingkat persaingan jurusan di sana tidak merata ya mas, termasuk IPK sebagai syarat masuk
      selain jurusan Mechanical Engineering, jurusan apa lagi di engineering yg persaingannya kurang ketat? bagaimana dengan jurusan di College of Liberal Arts & School Science? jurusan apalagi selain yang saya sebutkan di atas yg gampang dpt beasiswa full?

      Hapus
    2. Berdasarkan pengalaman saya, ada teman di jurusan Industrial Management, dengan IPK 3.3 dan di jurusan Mechanical engineering, dengan IPK 3.4 mendapat Full Monthly Stipend Scholarship di tahun pertama, begitu pula dengan jurusan lainnya.
      Ada teman di jurusan Chemical Engineering, dengan IPK cumlaude, tidak mendapat monthly stipend (None), hanya tuition waiver scholarship, kebetulan dia diterima di Spring Semester, di mana kuota untuk jurusan chemical sangat terbatas

      Hapus
    3. Bisa, awalnya emang agak kaget, hidup di asrama tidaklah mudah, tetapi lama kelamaan bisa beradaptasi.
      Biaya hidupnya relatif sama dengan di Indonesia

      Hapus
    4. KISAH NYATA..............
      Ass.Saya Ibu.fatma wati Dari Kota bandung Ingin Berbagi Cerita
      dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
      saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
      saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
      internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
      sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
      Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.VIDIO PESUGIHAN DANA GAIP KY DIMAS KANJENG

      Hapus
  2. Lanjutkan Mas Ricko, informasi yang sangat berharga untuk adik2 kita setanah air di Indonesia. Mas Ricko ini contoh senior yang sangat baik, beliau sangat peduli terhadap rekan2 sebangsa dan setanah air yang hendak melanjutkan kuliah di Taiwan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, benar sekali mas erwin, banyak hal yg harus diketahui adik kelas tentang pemilihan jurusan dan pemilihan semester pendaftaran.
      Tiap jurusan punya tingkat keketatan penerimaan yang jauh berbeda. NTUST terkenal dengan jurusan engineeering

      Hapus
    2. blog nya informatif dan keren, ternyata banyak juga jurusan di NTUST yang ga laku, hingga mudah banget memberi beasiswa full.
      rencana sy mau masuk ke construction engineering

      Hapus
    3. kalau construction engineering persaingannya hampir sama dengan chemical engineering, sangat ketat. background kamu dari arsitektur kan? Saran saya km ambil arsitektur NTUST saja, di jurusan arsitektur NTUST, yang mendaftar biasanya hanya 5 orang per semester, kalau construction bisa 60 an orang per semester, dan IPK 3.2 pun saya rasa cukup untuk mendapat full scholarship di Arsitektur NTUST untuk tahun pertama.

      Hapus
  3. mas ricko, kira2 biaya untuk dorm + asuransi + biaya hidup perbulannya berapa ya?
    apakah partial sholar (NTD 6000 + tuituion) itu cukup untuk hidup disana ?

    trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira-kira biaya makan/minum per hari itu 150 NT, jadi kalau per bulan sekitar 4500 NT, trus biaya dorm 50 NT/hari, jadi awal masuk km diminta bayar dorm 6000 NT selama 1 semester..
      Jadi mnrt saya 6000 NT/bulan cukup asal km hemat.
      Jurusan km apa? beberapa jurusan terkadang memberi beasiswa tambahan

      Hapus
  4. Wah, bagus nih tulisannya, Mas Ricko, sangat informatif.. :D
    Tetapi, bukankah mungkin bahwa pihak NTUST tidak hanya mempertimbangkan IPK dan 'keketatan' jurusan untuk memberikan beasiswa?
    Karena sebenarnya banyak parameter lain yang dapat dipertimbangkan, misalnya nilai TOEFL, study plan, dan surat rekomendasi. Setahu saya, banyak universitas di luar sana yang sangat mempertimbangkan TOEFL, isi study plan kita, dan isi surat rekomendasi (termasuk siapa yang memberikan rekomendasi).
    CMIIW.. hehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo adit, iya bener banget.
      tapi faktor pemilihan semester juga sangat menentukan..
      Adit bisa mengecek sendiri bagaimana perbandingan porsi beasiswa pada semester Spring dan Semester Fall.

      Hapus
  5. Dear Mas Ricko,

    Thank you for the blog. It's really usefull.
    I have some questions and please kindly reply.
    Kalau dari S1 Teknik Industri, mau masuk ke Industrial Management bagaimana persaingan'nya mas kira2.?
    change'nya berapa persen.?

    Thanks a lot before for your answer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Shandra, km dari jurusan apa?
      Dari universitas apa?
      Reputasi universitas terkadang juga menentukan kans diterima atau tidak.
      Kalau untuk Jurusan Industrial Management, kemungkinan kans nya cukup besar,karena persaingan untuk masuk di NTUST terberat pada jurusan Engineering nya..

      Hapus
  6. Halo mas ricko, info di blognya ok bgt
    kbetulan sy dan suami minat mncari beasiswa k ntust
    sy juga alumni UGM jurusan agribisnis, rencana mau ambil MBA atau Finance. Kira2 pluang lbh besar yg mana ya?
    Oiya perlu link atau hubungi prof disana dulu ngga ya?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang lebih besar di MBA, secara kampus ini lebih terkenal di bidang engineering nya.
      Menurut saya tidak perlu menghubungi Prof. dahulu, tetapi jika memang ingin menghubungi itu lebih baik.
      Tahun lulus juga menentukan. dulu mbak intan dan suami lulus tahun brp?

      Hapus
    2. @mba intan, saya kebetulan juga mau daftar MBA di NTUST, boleh minta emailnya mba?biar kita bisa berburu bareng, trmksh sblmnya, email saya wisdya@gmail.com

      Hapus
  7. Halo mas ricko,
    saya mau tanya ttg finansial statement,formatnya spt apa?apa ada contohnya?kalo boleh tolong contohnya dikirim ke email saya, dan semua dokumen yang dikirim untuk pendaftaran berupa copy yang dilegalisir kampus kan ya? di guideline ada tulisan, Please do not just send the photocopies of all required documents. Or
    your application documents will be deemed as “Not Received”.maksudnya gmn ya? klo untuk pendaftaran bukannya copy nya aja? mohon penjelasan, trmksh sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk finansial statement, sy kurang tahu formatnya. hanya mereka yg mendapat beasiswa tidak perlu membuat surat tersebut.
      Dokumen yg dikirim fotocopy semua, hanya saat daftar ulang di ntust nantinya membawa ijazah asli

      Hapus
  8. selamat siang mas,

    Mas mau nanya, kalau untuk open recruitment gimana ya peluangnya ?bulan juni kemarin ada beberapa profesor dari NTUST datang ke FT UGM, dan mereka mengadakan wawancara untuk program beasiswa disana, tetapi tidak langsung di beri LoA nya. . .di minta untuk apply lagi secara online. . .(kebetulan kemarin saya ikut untuk construction engineering)

    terima kasih atas waktunya dan blognya informatif banget.. .

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, peluangnya besar jika berasal dari UGM. kebetulan dulu UGM tidak pernah didatangi langsung oleh ntust untuk open recruitmen, jd sy kurang begitu tahu..segera aja dikirim dokumen dan apply online.
      semoga berhasil

      Hapus
  9. salam kenal mas ricko...

    perkenalkan saya dicky, alumni sipil ui
    begini mas saya sudah lama cari2 info tentang beasiswa ntust, untung ada blog mas ricko yang sangat membantu,
    sekarang ini semua persyaratan sudah saya penuhi mas, tinggal beberapa lagi spt sertifikat toefl dan passport yang masih dlm pengurusan...
    kira2 langkah awal pendaftaran beasiswanya gimana ya mas?

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. langkah awal tinggal siapkan transkrip, ijazah dan skor TOEFL / IELTS, jangan lupa membuat study plan dan minta rekomendasi dari 2 dosen. Dicky bisa buka situs ntust untuk lebih jelasnya

      Hapus
    2. untuk pendaftarannya langsung ke jalur beasiswa atau pendaftaran biasa lalu setelah keterima baru mengajukan beasiswa, atau gimana ya mas?

      Hapus
    3. langsung ke jalur beasiswa..km mau daftar jurusan apa di ntust?

      Hapus
    4. iya mas rencananya saya mau daftar di ntust...
      untuk kelengkapan dok udah pada selesai, tinggal toefl skornya aja yang masih dlm proses...

      oya untuk study plan itu berupa karangan bebas yg menjelaskan tentang profil & motivasi kita atau berupa proposal riset ya mas?

      nah itu mas permasalahannya saya bingung baca petunjuk ttg pendaftaran beasiswa...

      terima ksh banyak mas ricko

      Hapus
    5. study plan berisi motivasi kenapa km mau ambil s2 di jurusan tersebut di ntust, plus jelasin mau riset apa di sana, meski ga usah terlalu mendalam, ntar di sini boleh berubah kok..

      Hapus
    6. mas ricko...
      setelah melakukan pendaftaran on line, kita juga diharuskan mengirimkan aplikasinya secara surat ya ke alamat kampus NTUST nya sendiri ?

      Hapus
    7. iya, dikirim ke


      National Taiwan University of Science and Technology
      No. 43 Sec. 4 Keelung Road, Taipei. Taiwan. 106

      Hapus
    8. terima kasih banyak mas ricko atas infonya...
      maap banyak tanya...
      ntar kalo saya masih ada yang bingung saya tanya lagi ya mas...

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Selamat malam mas riko mau tanya nih..
    kebetulan saya dari ITS, jurusan statistika..pengennya mendaftar ke Industry management, nah kalo awalnya beda jurusan gitu gimana ya mas?
    rencana mau apply yang kelas spring..
    untuk kelas spring itu perkuliahannya di mulai bulan apa ya??

    BalasHapus
  12. kelas spring kuliahnya bulan februari, biasanya tanggal 18..
    oh kalau beda jurusan ga masalah koq, banyak yg juga gitu dan dpt beasiswa juga...

    BalasHapus
  13. wah, blognya informatif.
    kenalkan saya natan dari elektro itb.
    saya pernah wawancara dengan profesornya trus dapat partial scholar, tapi karna lulusnya telat, gak jadi apply.
    skrang mau coba apply lagi buat electronic eng. master.
    kira2 kuotanya banyak gak untuk spring?
    kemungkinan dapat full besar gak/

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuota untuk spring lebih sedikit dari fall..kalau elektro lebih besar kemungkinannya dari jurusan sy

      Hapus
  14. Sebenarnya saya sedang apply beasiswa ini juga, dan kebetulan kemarin Professor dari NTUST datang ke UGM untuk walk-in interview untuk beasiswa dan saya sedang berproses untuk mendaftar. ketika wawancara itu saya cuma dapat surat keterangan diterima tapi tidak ada statement apakah full, partial, atau biaya sekolah saja. bagaimana agar kemungkinan mendapat beasiswa itu tinggi? dan kemudian ketika saya mau melengkapi berkas berkas, di envelope ada keterangan untuk menyertakan Taiwan Arrival-Departure Records for the recent 6 years, ini bentuk suratnya kayak gimana ya?mohon penjelasan dan pencerahan mas riko

    BalasHapus
    Balasan
    1. laila, agar kemungkinan mendapat beasiswa tinggi sebaiknya laila pilih jurusan yang tingkat persaingannya kurang ketat, di samping itu study plan harus bagus, cukup mempengaruhi penerimaan. sebaiknya minta rekomendasi ke ketua jurusan/dekan.
      untuk Taiwan Arrival-Departure Records for the recent 6 years, sy kurang tahu karena dulu tidak diminta.

      Hapus
    2. saya ambil information management di NTUST, kira kira itu persaingannya bagaimana?
      apa harus membuat research proposal juga untuk NTUST?

      Hapus
  15. untuk riset proposal saya rasa tidak perlu,
    untuk information management, persaingannya lumayan ketat.

    BalasHapus
  16. mas ricko, melihat info di atas, beasiswa di NTUST, untuk master pada tahun kedua hanya 8000 NT/bulan? dan partial tetap 6000 NT/bulan ditambah tuition waiver? dan ada profesor yang memberi beasiswa tambahan dan ada juga yang tidak?

    BalasHapus
  17. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus
  18. Selamat siang mas Riko, saya mau tanya..
    Beasiswanya kan berlaku untuk 1 tahun saja? untuk tahun kedua dievaluasi berdasarkan apa? Apakah ada suatu kriteria/syarat khusus yang harus dipenuhi? Terima kasih

    BalasHapus
  19. Halo mas Riko, mau tanya kalo untuk master chemical Engineering di Taiwan biasanya lama perkuliahan brp tahun? Terima kasih

    BalasHapus