Kamis, 27 Januari 2011

JURUSAN TEKNIK KIMIA UGM

Fakultas Teknik UGM adalah Fakultas Teknik tertua di Indonesia (berdiri 19 Desember 1949) setelah Teknik ITB (berdiri tahun 1947). Kiprah Fakultas Teknik UGM sebagai teknik terbaik di Indonesia tidak perlu diragukan lagi, yang mampu membawa UGM menduduki langganan 3 besar Insonesia selain UI dan ITB. UGM sering bercokol di peringkat 1 Indonesia, baik survei yang diadakan oleh lembaga dalam negeri maupun luar negeri, maupun versi Dikti.

Kiprah Jurusan Teknik Kimia UGM
Pada bulan Februari 2011, telah genap 65 tahun kiprah Jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (JTK UGM) dalam mencetak insinyur-insinyur kimia handal yang menjadi motor-motor penggerak industri kimia Indonesia. Sepanjang sejarah perkembangan JTK UGM dalam rentang periode 1946-2011, JTK FT UGM telah mencatat best practices yang menjadi dasar bagi JTK UGM untuk menjadi jurusan teknik kimia yang terkemuka, tidak hanya terbaik di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional.

Dengan cepatnya perubahan trend di dunia dalam abad ke-21 ini, JTK UGM pun mau tidak mau harus dapat menyesuaikan diri dengan cepat pula. Walaupun perubahan-perubahan adalah hal yang alamiah bagi sebuah institusi yang dinamis, JTK UGM merasa perlu untuk selalu berakar pada visi utama pendirian jurusan ini di tahun 1946 yang pasti akan selalu relevan sepanjang jaman, yaitu UGM sebagai universitas “kerakyatan” yang berorientasi pada kesejahteraan dan kemakmuran bangsa.

Salah satu perubahan yang harus diantisipasi di abad ke-21 ini adalah pupusnya batas-batas konvensional (yang mencakup jarak dan batas negara) dalam persaingan di segala bidang. Teknologi informasi telah menjadikan dunia ini bagaikan satu kampung besar. Dengan persaingan yang nyaris tanpa batas ini, jaminan kualitas menjadi sangat penting. Dalam konteks ini, sudah saatnya JTK UGM mengukuhkan reputasinya di level internasional melalui akreditasi internasional yang diakui di seluruh dunia. Di akhir tahun 2011 ini, JTK UGM telah mengajukan aplikasi akreditasi ke Institution of Chemical Engineers (IChemE) yang berpusat di Inggris.

Proses akreditasi ini memerlukan dukungan masyarakat industri tidak hanya dalam hal pengajuan akreditasinya, tetapi juga untuk jangka panjang dalam rangka menjaga relevansi pembelajaran di JTK UGM dengan kebutuhan dunia industri. Akreditasi internasional ini tidak hanya merupakan kebutuhan JTK UGM tetapi juga pada waktunya nanti akan menguntungkan bagi masyarakat industri karena akreditasi ini menjamin lulusan-lulusan JTK UGM sebagai insinyur-insinyur handal yang siap terjun ke dunia profesional. Selain itu, akreditasi internasional Jurusan Teknik Kimia UGM, terbaik di Indonesia selain ITB , akan menjadi kebanggaan bagi Indonesia karena saat ini belum ada program studi di Indonesia yang memperoleh akreditasi dari asosiasi profesi internasional.

Di awal proses aplikasi akreditasi internasional ini, JTK UGM bermaksud meluncurkan program “Transfer to Transform”, yaitu program untuk mengkoordinasi proses transfer pengalaman dan dukungan finansial dari masyarakat industri untuk mempercepat dan mensukseskan proses pengembangan JTK UGM untuk meraih akreditasi IChemE.

Jurusan TEKNIK KIMIA terbaik,terfavorit,terunggul di Indonesia.
01. UGM - Yogyakarta (Indeks: 13,1)
02. ITB - Bandung (11, 8)
03. UNDIP - Semarang (11,6)
04. UPN - Yogyakarta (10,5)
05. UI - Jakarta (9,8)
Terlihat jelas bahwa Teknik Kimia UGM bercokol di peringkat satu di Indonesia.
Sumber: http://www.scribd.com/doc/41891711/Jurusan-PENDIDIKAN-terbaik (Survey Tempo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar